TAHUKAH ANDA APAKAH PALINDROM ITU?


Tahukah anda bahwa dalam setiap kata yang kita tulis ataupun kita baca ternyata salah satu dari kata itu terdapat keunikan yang mungkin kita tidak mengetahuinya, seperti salah satunya kata dalam bahasa inggris “abstemious dan facetious”.  Dua kata tersebut merupakan kata yang menggunakan lima huruf konsonan atau huruf vokal atau sering juga disebut huruf hidup secara sekaligus, dan uniknya hanya dua kata itu saja yang menggunakan huruf konsonan secara sekaligus. dan masih banyak contoh-contoh lainnya yang gak kalah unik, tapi disini ane bukan lagi membahas keunikan kata Inggris. Sesuai judulnya, ane akan membahas tentang kata palindrom.
Pernah gak sih, kalian mendengar tentang palindrom?
Daripada bingung mari kita bahas.
Pengertian Palindrom
Palindrom merupakan sebuah kata, frasa, angka maupun susunan lainnya yang dapat dibaca dengan sama baik itu dari depan maupun dari belakang. Kata "palindrom" berasal dari bahasa Yunani yaitu palin ("balik") dan dromos ("pacuan kuda").
contoh palindrom dalam bahasa Inggris yaitu level, pop, boob, radar, rotor, madam, racecar, gag, mum, kayak, deified, reviver, deed, rotator , toot, civic, dan masih banyak yang lainnya. Dalam bahasa Indonesia pun palindrom dapat dengan mudah kita temukan seperti pada kata ada, asa, taat, katak, ini, bab, malam dan lain sebagainya.
Ada juga contoh-contoh frasa polindrom dalam bahasa inggris dibawah ini:
·        Pull up
·        Step on no pets
·         Was it a car or a cat I saw
·        Some men interpret nine memos
·        Murder for a jar of red rum
Ada juga contoh dalam bahasa Indonesia
·        Kasur ini rusak
·        Kasur Nababan rusak
·        Aku suka rajawali, bila wajar aku suka
·        Harum semar kayak rames murah
Contoh dalam angka
·        11 Februari 2011 = 11/02/2011
·        11 November 2011 = 11/11/11
Sejarah Palindrom
Palindrom mulai menarik minat dan menjadi bagian seni budaya tulis sejak tahun 79 Masehi. Ini terekam pada sebuah tablet bertuliskan kotak-kotak yang bila dibaca ke bawah, samping, dari atas ke bawah, atau dari kiri ke kanan, berbunyi sama, yakni SATOR AREPO TENET OPERA ROTAS yang artinya, “juru semai, Arepo, memegang alat kerja berbentuk roda” Palindrom juga digemari oleh para sastrawan dan penulis untuk menciptakan nama pena; misalnya Nisin Isin (seorang novelis dan penulis manga Jepang), atau Robert Trebor (actor Amerika). Sejumlah orang terkenal juga memilik nama asli mengandung palindrom, misalnya Lon Nol (Perdana Menteri Kamboja masa 1913-1985), Revilo P. Oliver dan Mike Kim (dua-duanya adalah filologis). Nama-nama mengandung palindrom paling banyak digunakan oleh orang-orang Filandia. Seperti Olavi Valo, Emma Lamme, Sanna Rannas, Anni Linna, atau Asko Oksa. Bangsa Finlandia bolehlah dibilang jago palindrom. The Guiness Book of Records mencatat palindrom terpanjang di dunia dari bahasa Finlandia yakni saippuakuppinippukauppias (artinya : pedagang grosir tempat sabun) Sejumlah grup musik juga suka hal-hal berbau palindrom. Band Amerika yang menamakan dirinya DRUGS punya dua lagu yang judulnya bernada palindrome, yakni "Mr. Owl Ate My Metal Worm" dan Laminated ET Animal. Sebuah grup band Asia-Amerika ada juga yang bernama palindrome, yaitu Emily’s Sassy Lime. Dan bila dinikmati lebih jauh, palindrom juga bisa menjadi seni satire dalam politik seperti yang Anda lihat pada gambar paling atas "Star Comedy by Democrats", sebuah palindrom politik yang cerdas.


Sumber :
sibyan Hallo... Terimakasih telah mampir, mari masuk... Saya kepengen jadi penulis, jadi saya kelola blog sederhana ini untuk latihan menulisnya. Jangan lupa tinggalkan jejak dikomentar ya, untuk memperbanyak tali persaudaraan. Have a nice day :)

0 Response to "TAHUKAH ANDA APAKAH PALINDROM ITU?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel