BEBERAPA BAHAYA MENGGUNAKAN LAPTOP YANG HARUS DIKETAHUI


Seiring waktu berjalan teknologi semakin canggih, laptop salah satunya. Laptop saat ini sudah menjadi kebutuhan primer, banyak orang yang menggunakan laptop untuk menjalankan aktivitas mereka sehari-hari. Contohnya mahasiswa, pekerja kantoran, wanita karir dan tidak sedikit juga anak-anak yang saat ini gemar memainkan laptop. Karena dengan menggunakan laptop memungkinkan kita dapat dengan mudah menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang cukup singkat. Selain itu, dapat juga sebagai sarana hiburan saat waktu senggang. Tetapi tahukah anda, dibalik semua itu terdapat resiko yang yang cukup besar bahkan sampai merenggut kehidupan. Memang semua yang ada di alam semesta ini mempunyai resiko jika kita tidak menggunakannya dengan bijak. Apa saja bahaya laptop yang mungkin kita tidak menyadarinya.

  • Menyimpan Laptop Dipaha

Karena laptop ringan untuk dibawa kemana-mana sering kita menyimpan laptop dipangkuan dengan tujuan agar tidak ribet. Tetapi cara itu tidak tepat karena dengan kita menyimpan laptop seperti itu berarti kita telah mengorbankan kesehatan kita, karena kita tahu bahwa dibagian bawah laptop terdapat banyak sekali komponen yang menghasilkan panas dan radiasi. Oleh karena itu, ketika kita menyimpan laptop diatas paha tanpa disadari akan memicu penyakit kulit karena efek dari panas dan radiasi, selain itu dapat mengganggu kesuburan pada pria karena radiasi yang dihasilkan adalah radiasi thermal yaitu radiasi yang menyebabkan panas pada kulit dan akan menyebabkan pengaruh yang buruk jika didekatkan dengan alat reproduksi pria. 
Jadi, ketika menggunakan laptop sebaiknya jauhkan dari bagian tubuh yang vital atau lebih baik menggunakan meja supaya bisa meminimalisir efek radiasi secara langsung.

  • Rasa Sakit dibagian Punggung dan Leher
Laptop tidak seperti komputer yang selalu menggunakan meja secara khusus, oleh karena itu kita tidak jarang menggunakan laptop dengan posisi telalu bungkuk karena laptop disimpan dilantai. Kondisi ini jika dibiarkan telalu lama akan menyebabkan kelainan pada tulang punggung seperti salah satunya Kifosis yaitu kondisi dimana tulang punggung terlalu bungkuk kedepan. Hal ini dapat terjadi jika kita tidak memperhatikan posisi kita saat menggunakan laptop terlalu lama. Usahakan badan tetap tegak saat menggunakan laptop, dan istirahat beberapa menit ketika terlalu lama menggunakannnya.

  • Mata Terasa Perih
Terlalu lama menatap layar monitor mempunyai bahaya tersendiri bagi mata, apalagi mata merupakan bagian dari indera terpenting untuk melihat. Rata-rata kita menggunakan laptop tidak sebentar, ada yang berjam-jam bahkan ada yang lebih lama lagi. Akibatnya mata kita akan terasa perih, berat, dan sering mengeluarkan air mata ketika belama-lama menggunakan laptop. Faktor-faktor yang menyebabkan hal itu terjadi diantaranya adalah jarak mata yang terlalu dekat dengan monitor. Sebaiknya, atur jarak antara mata dan monitor sekitar 60 cm-80 cm. Kontras cahaya yang terlalu terang. Aturlah kontras cahaya laptop sesuai kebutuhan, jangan terlalu terang agar nyaman digunakan. Sekali-kali jika terlalu lama menatap layar monitor, istirahatkan mata dengan melihat-lihat objek yang jauh agar tetap memfokuskan mata.

  • Menggunakan Laptop Sambil Tengkurap
Hala ini sering kita lakukan ketika santai menggunakan laptop sambil tengkurap, memang mengasyikan tetapi tanpa disadari menggunakan laptop dengan posisi seperti ini akan membahayakan juga terutama leher. Karena leher terlalu menekuk sehingga saraf-saraf yang terdapat dileher menjadi agak tertekan, serta organ pernapasan yang tertindih bagian atas akan menyebabkan gangguan kesehatan.

Itulah pemaparan bahaya-bahaya yang ditimbulkan laptop mungkin sekarang belum terasa tetapi dampak seperti ini biasanya efek jangka panjang. Sekali lagi semua benda pasti ada resikonya tergantung kebijakan kita sebagai penggunanya. Semoga bermanfaat
sibyan Hallo... Terimakasih telah mampir, mari masuk... Saya kepengen jadi penulis, jadi saya kelola blog sederhana ini untuk latihan menulisnya. Jangan lupa tinggalkan jejak dikomentar ya, untuk memperbanyak tali persaudaraan. Have a nice day :)

4 Responses to "BEBERAPA BAHAYA MENGGUNAKAN LAPTOP YANG HARUS DIKETAHUI"

  1. Mantap infonya gan...sangat bermanfaat sekali...saya sering mengalami mata perih...untuk saya ada pakek kaca mata anti radiasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesehatan mata memang harus tetap dijaga, pake kacamata lebih bagus.
      maksih kunjungannya gan

      Delete
  2. Mantap gan infonya , nambah nambah pengetahuan.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel